24 May 2010

Pencegahan Pemotongan Sapi Betina Produktif

Sapi
KUPANG -- Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, melarang warganya memotong sapi betina produktif. Larangan ini sebagai bagian dari upaya Pemprov NTT menjadikan provinsi itu sebagai gudang ternak. Dengan tidak dipotongnya sapi betina, diharapkan populasi ternak di NTT bisa cepat bertambah. Perkembangan populasi ternak di NTT saat ini baru mencapai 2,13 persen per tahun.


"Ternak betina produktif tidak boleh dipotong, karena akan mengurangi populasi. Sebaiknya masyarakat memotong ternak betina yang sudah tidak produktif lagi. Kita lakukan pencegahan di tingkat masyarakat, namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi," tandas Lebu Raya  saat dikonrfimasi Timor Express (grup JPNN), kemarin.

Langkah dari gubernur ini sekaligus sebagai respin atas temuan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Suswono saat berkunjung ke Kupang belum lama ini. Pada kesempatan itu, terungkap sebanyak 80 persen sapi betina produktif dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) Kupang.

Dijelaskan Lebu Raya, pemerintah tidak hanya melakukan pencegahan di RPH, tapi pencegahan harus dilakuan dari tingkat masyarakat. Dengan demikian, ternak betina produktif dibiarkan berkembangbiak.

Lebu Raya menjelaskan, saat ini masih ada kekurangan stok kebutuhan daging di Kota Kupang. Tak pelak, masyarakat pun terpaksa melakukan pemotongan terhadap ternak betina produktif untuk memenuhi kebutuhan daging di pasaran. Selain itu, banyak masyarakat juga yang memotong ternak betina di RPH dengan berbagai alasan. "Ada yang bilang kakinya patah, ada bilang ternaknya sakit dan lain sebagainya. Namun perlu dihimbau bahwa sebaiknya ternak betina produktif tidak boleh dipotong," tambah Lebu Raya.

Lebu Raya saat Sidang Paripurna DPRD NTT Senin kemarin juga menguraikan, populasi ternak di NTT selama ini telah menunjukkan perkembangan yang positif, walaupun belum optimal untuk semua jenis ternak karena kematian yang masih cukup tinggi akibat budidaya non intensif pada peternakan rakyat.

Kenaikan populasi ternak sejak tahun 2000 yang merupakan hasil sensus (data base) sampai dengan tahun 2009 adalah sapi 8,21 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 1,96 persen, kerbau 7,37 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 1,79 persen, kuda 7,21 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 1,72 persen, kambing 18,04 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 2,87 persen, domba 4,81 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 1,19 persen, babi 18,41 persen atau kenaikan rata-rata/tahun 3,26 persen dan unggas kenaikan rata-rata/tahun 2,15 persen.



Sumber: jpnn.com

Back To Top