29 November 2008

TAHUKAH ANDA APA ITU ANEMIA????

Mungkin sebagian dari kita pada sudah tahu apa itu Anemia? (Hari gini gak tahu anemia....). Walaupun semuanya pada sudah tahu apa itu Anemia, gak ada salahnyakan kalau saya membahas ulang tentang Anemia...!!!! Ok. Anemia merupakan istilah lain dari kurang darah, yang pada umumnya disebabkan oleh kurangnya kadar Hemogblogin (Hb). Apa itu Hemoglobin? Hemoglobin merupakan senyawa yang terkandung di dalam sel darah merah, yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kadar Hemoglobin (Hb) ini bisa menurun karena kurangnya zat besi yang masuk ke dalam tubuh. Nah, zat besi di dalam rubuh kita bisa berkurang antara lain karena diet yang tidak seimbang, yaitu makanan yang kita konsumsi kurang mengandung zat besi atau karena ada gangguan penyerapan zat besi dari makanan. Bagaimana tanda-tanda kita terserang anemia???? Ada beberapa tanda-tanda kalau kita terserang anemia:
  1. Lemah, lesu, dan cepat merasa letih.
  2. Wajah pucat, terutama pada gusi dan bagian dalam kelopak mata bawah.
  3. Sering merasa pusing.
  4. Mudah mengantuk.
  5. Kuku tangan terlihat pucat atau kusam
  6. Susah Konsentrasi.
  7. Sering keluar keringat dingin dan jantung berdebar
Dari tanda-tanda di atas kita bisa mengetahui bahwa kita terserang anemia.... Dan bisa berakibat konsentrasi terganggu, daya ingat rendah, kemampuan memecahkan masalah menjadi rendah serta tingkat kecerdasan jadi rendah. Yang namanya penyakit pastilah ada obatnya, walaupun itu akan ditemukan dalam kurun waktu yang lama karena memerlukan penelitian terlebih dahulu. Sedangkan untuk penyakit anemia itu sendiri bisa diatasi dengan mengkonsumsi suplemen (makanan atau minuman tambahan) zat besi. Tapi, sebelum anda mengkonsumsi suplemen zat besi, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter keluarga anda. Sebab, apabila kita mengkonsumsi suplemen zat besi terlalu banyak akan menyebabkan kelebihan zat besi di dalam tubuh, yang dalam jangka panjang akan merusak organ hati dan jantung. Pencegahan anemia ini dapat kita lakukan sedini mungkin, ya seperti pepatah orang-orang.... mencegah lebih baik dari pada mengobati.... Anemia bisa kita cegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap alias empat sehat lima sempurna, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti daging sapi, daging ayam, hati, telur, ikan, kacang-kacangan, kentang, sayuran berdaun hijau (bayam, kangsung dan lain sebagainya) serta buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Kita mesti cukup istirahat dan berolah raga secara teratur. Itu tadi hanya beberapa pengalaman yang saya peroleh selama ini.... (ya.. dengan tanya-tanya ama orang yang paham....}... Lalu, bagaimana dengan anda???? Sudahkan anda mengatur makan, istirahat dan beroleh raga yang cukup????? Semuanya tergantung pada diri kita masing-masing....

5 Komentar

thanks infonya, makasih, dan link bejo dah saya add, juga harap link saya dibetulin, karena ada kesalahan tuh, jika diklik tidak ke redirect ke blog saya.

thanks abibakar (abibakarblog.com)

Salam kenal.....

kang, tks infonya , aq jg seorang anemia hiks..

kayaknya dari tanda tanda itu.
saya punya semua
:(

Back To Top