07 December 2008

APAKAH ANDA SULIT TIDUR?

Sering ada orang-orang disekitar kita mengalami susah tidur atau saat tidur tidak nyenyak, pada pagi harinya kita akan tanpak kurang segar. Wajah jadi agak pucat dan lesu, dan akhirnya akan menggangu penampilan dan konsentrasi belajar serta bekerja anda, dan juga akan dapat menurunkan jumlah atau kadar Hemoglobin(Hb) atau yang sering disebut dengan Anemia. Apakah anda termasuk orang yang sulit tidur? Apabila anda termasuk orang yang sulit tidur, berikut ada beberapa cara agar kita bisa tidur dengan nyenyak (Tidak semua orang menggunakan metode yang sama).
  1. Habis Makan Jangan Tidur

    Usahakan sehabis makan besar tidak langsung tidur, karena perut kita pasti akan terasa tidak enak saat berbaring dan kita pun akan susah tidur. Oleh karena itu, berilah jarak waktu antara makan besar dengan saat tidur. Idealnya, jarak waktunya dua jam. Jadi, umpamanya kita terbiasa tidur pukul 9 malam, berarti kita harus selesai makan besar paling tidak pada pukul 7 malam.

  2. Tenangkan Diri

    Sebelum tidur, cobalah tenangkan diri dan lepaskan segala pikiran dan atau ganjalan dalam hati yang mengganggu saat hendak tidur. Segala masalah, kekecewaan, kesedihan, dan kejengkelan yang terjadi sepanjang hari tadi, jangan sampai dibawa tidur.

  3. No Kafein

    Sebelum tidur, hindari cokelat dan teh, serta minuman berkafein seperti kopi. Sebagai gantinya anda bisa meneguk segelas susu hangat.

  4. Hindari Warna Terang

    Sebisa mungkin hindari warna terang pada hiasan maupun pada dinding kamar tidur kita. Sebab, warna terang seperti kuning atau merah menyala, bisa membuat mata kita melek terus atau susah terpejam.

  5. Buat Diri Merasa Nyaman

    Tidur kita akan merasa nyenyak kalau diri kita merasa nyaman.

  6. Tetapkan Waktu Tidur

    Ada baiknya kita tetapkan waktu tidur kita setiap harinya. Waktu tidur yang teratur setiap harinya akan membuat irama tubuh kita ikut teratur, dengan begitu kita pun akan selalu tidur nyenyak.

Cara-cara diatas dapat anda kembangkan sendiri sesuai dengan kebiasaan anda. Mudah-mudahan dengan tulisan ini akan bermanfaat bagi anda yang merasa sulit tidur dan kita akan merasakan kesegaran dan kesehatan tubuh. .....

2 Komentar

iya...saya susah tidur...apalagi kalo tanggal tua..hahaha..becanda..gak kok, asli saya ini insomnia...sampe2 dibekalin obat tidur sama Dokter saya....

untung ga pernaha kena beginian... huehuehue... selama ini masih nyenyak tidur saya.... :D

Back To Top