09 January 2009

11 TRIK MENJADI NOMOR SATU DI YAHOO



Seperti yang anda ketahui, banyak search engine yang ada di dunia maya yang membuat situs atau blog anda menjadi terkenal dengan layanan secara gratis yang diberikan (contoh google, yahoo, MSN, AOL, Alta Vista, dll), meskipun ada juga yang berbayar. Kalau ada yang gratisan kenapa anda harus merogoh kantong anda dalam-dalam hanya sekedar untuk mendaftarkan web atau blog anda kepada pihak pengelola search engine. Namun masih banyak dari anda atau para blogger yang belum mengoptimalkan penggunaan search engine ini sebagai media untuk mempopulerkan situs atau blog anda.

Kali ini saya akan coba mengupas dan membagikan TRIK MENJADI NOMOR SATU DI YAHOO!.

Sebelum saya mengajak anda membahas lebih jauh bagaimana menjadi NGETOP di YAHOO! Ada baiknya saya memaparkan sedikit tentang Yahoo.

Dulu, Yahoo sempat menjadi rajanya direktori dan penyedia trafik besar. Jika anda mendapat listing di sana, itu akan menjadi sebuah keuntungan. Karena yahoo berisi seandar 1,5 juta website. Dulu ia merupakan yang terbesar, sebelum digeser dengan telak oleh Open Directory Project (ODP) yang memiliki lebih dari 2 juta website. Meskipun demiakian, Yahoo! Memiliki jumlah user sangat besar dan lebih dari 50% total query pencarian.

Dari homepage Yahoo, anda dapat berselancar menuju direktori dan subdirektori untuk menemukan website-website secara lebih spesifik tentang setiap subjek. Hasil pencarian yahoo disajikan dalam 3 format: Yahoo Categories, Yahoo! Web Site, Yahoo! Web Pages.

Tidak berbeda dengan Google, diperlukan strategi yang tepat untuk mendapatkan posisi tinggi di Yahoo!. Di bawah ini adalah beberapa kiat dan strategi bagaimana ngetop di Yahoo:

  1. Memilih Nama Domain atau Blog yang Tepat
    Mungkin ini langkah paling pertama dan paling penting dalam rangka membuat situs anda meraih ranking dengan cepat. Memilih nama domain atau blog yang memiliki nilai jual dan mudah dikenali merupakan suatu keharusan. Sebagai contoh: http://bejok.com setidaknya berisi 3 keyword penting, yaitu ”tip dan trik blog, tutorial blog, hacking blog”. Anda bisa saja tidak melibatkan banyak keyword tetapi anda memanfaatkan dan memiliki keyword yang paling utama itu sangat diperlukan.


  2. Meneliti Keyword yang Tepat Sebelum Submisi Blog/Webblog
    Sebelum memasukkan website ke yahoo, lakukan riset secara teliti tentang keyword-keyword yang bisa memunculkan website anda. Cari yang berpeluang besar memberikan rangking lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya sehingga situs anda masuk ke seksi direktori ”Most Popular”.


  3. Faktor Regional
    Salah satu hal yang diperhitungkan oleh yahoo adalah lokasi regional dari situs atau blog anda. Dalam melakukan submisi, adalah penting untuk memasukkan situs anda ke versi regional yahoo yang paling tepat. Karena anda berada di Indonesia, penting bagi anda untuk mendaftarkan situs ke Yahoo! Indonesia (www.yahoo.co.id). Lalu baru anda masukkan situs anda ke yahoo global (www.yahoo.com).


  4. Menempatkan Situs pada Struktur yang Lebih Tinggi
    Situs yang ditempatkan lebih tinggi pada struktur direktori yahoo akan diberi relevansi lebih tinggi daripada situs-situs yang ditempatkan di level bawah. Contoh: situs yang didaftarkan ke kategori B2B/Business_Opportuinities akan memeberikan relevansi lebih banyak daripada situs yang dideftarkan ke kategori B2B/Business_Opportuinities/Directories.


  5. Apa yang Dianggap Spam
    Yahoo cukup ketat dalam menerima submisi situs. Di antaranya, yahoo tidak akan memasukkan situs ganda, situs yang kekurangan konten unik yang substansial, dan situs-situs yang tidak mengikuti peraturan yahoo.


  6. Memberikan Deskripsi yang Singkat
    Pastikan situs anda diberi deskripsi yang singkat namun tepat sehingga hanya memberi sedikit kesempatan bagi editor yahoo untuk mengubah deskripsi situs anda.


  7. Pertimbangkan untuk Mengikuti Program Sponsor Listing
    Satu kiat lainnya untuk meraih rangking tinggi di yahoo adalah dengan mengikuti program Sponsor Listing. Program ini cocok untuk para pebisnis serius.


  8. Yahoo Tidak Melakukan Spider untuk Menentukan Rangking
    Yahoo menyusun rangking situs-situs berdasarkan keyword dalam domain, titel, dan deskripsi. Jadi, meta tag tidak membantu meningkatkan rangking anda.


  9. Jangan Menaruh Keyword Berlebihan dalam Deskripsi
    Para editor yahoo terkenal selektif. Mereka sering sekali memotong deskripsi yang dipandang berlebihan atau tidak tepat. Oleh karena itu, cobalah menulis keyword seperlunya dan hindari kata-kata no.1, dijamin, paling hebat, dan lainnya. Pastikan juga bahwa heading pada homepage anda sama dengan deskripsi situs.


  10. Nama yang Tetap Sama
    Pastikan nama situs anda tetap menggunakan nama yang sama karena yahoo menggunakan nama bisnis sebagai titel pada listing.

  11. Pastikan Situs Anda Termasuk ”Content Rich”
    Ini sangat kritis dan memiliki dua alasan. Pertama, agar situs kita diterima oleh yahoo dan kedua agar mendapatkan listing lebih tinggi. Yahoo menghitung popularitas sebuah website dengan jumlah waktu yang dihabiskan seorang pengunjung pada website bersangkutan.

4 Komentar

Wow! Keren euy!!! Aku di banned ama google dan ga pernah di index ama yahoo.. heuheuheueh......

wah iya betul2 nih yahoo emg hrs dibahas jg. jarang2 loh. biasanya google terus. thx mas didiet

sep bro tutornya...lanjut :)

wah, buat gw, menaklukkan yahoo itu paling sulit. beruntung ada tutorial nih. thanks again bos hehe

Back To Top