14 May 2009

Program Optimasi Lahan Tidur di Kab. Muaro Jambi

Awal tahun 2009 ini Pemerintan Daerah Kabupaten Muaro Jambi Propinsi Jambi mencanangkan Program Optimalisasi Lahan Tidur atau Lahan Terlantar, program ini bertujuan Kabupaten Muaro Jambi Swasembada Beras 2010 dan tujuan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah menanggulangi alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan perkebunan. Dengan program ini Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi akan membuka lebih kurang 5.000 Ha lahan sawah terlantar yang telah lama tidak digarap oleh petani. Dengan program ini pemkab Muaro Jambi melalui Dinas Pertanian mengupayakan agar rencana pemkab Muaro Jambi ini dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang optimal yang kesemuanya itu tidak terlepas dari peran aktif dan peran serta penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pelaksanaan program ini. Dengan program ini diharapkan kabupaten Muaro Jambi yang swasembada beras dan dapat memberantas penderita gizi buruk.

4 Komentar

Kalau menurut saya bagai mana kalau diJambi diperluas saja Hutannya. Jangan dijadikan lahan pertanian semuanya... Kasihan Orang Rimba, kehilangan daerah jelajah karena ulah kita menebangi hutan secara sembarangan.....

Saya sependapat dengan mas bujang dengan tetap menjaga atau bahkan menambah luas areal hutan untuk tempat orang rimba, namun daerah yang dijadikan daerah program ini adalah lahan yang dahulunya pernah menjadi sawah dan telah lama ditelantarkan oleh pemiliknya. Saya rasa ini tidak akan membuka hutan atau arela pertanian baru dan orang rimba tetap memiliki areal jelajahnya sendiri.

Membaca artikel anda mas Didit, saya sangat senang jika lahan tidur dimanfaatkan lagi apalagi lahan sawah yang tidak digarap petani (ada apa ya kok ga digarap) this question mark. Pembukaan lahan mencapai 500ha merupakan kerja yang tidak gampang apalagi disaat ini pertanian bukan lagi bidang yang dilirik pebisnis. Tetapi mereka (pebisnis) tidak sadar bahwa mereka makan untuk hidup dari lahan pertanian. Salut buat kabupaten Muaro Jambi dengan program pembukaan lahan tidur 500 ha, semoga Indonesia benar2 mencapai swasembada beras. sehingga lagu koes plus "kolam susu" benar2 terealisasi.
Semoga saja.

Sukses selalu
Make Easy Money

baus tuh bisa juga buat pemerataan penduduk

Kunjungan balik dan comment ke: Myokenet

Back To Top