12 June 2009

Tip Memilih Telur Yang Baik

Apakah anda suka mengkonsumsi telur ayam? Saya yakin semua orang menyukai telur ayam untuk berbagai keperluan, misalnya untuk hidangan makan, membuat kue, sebagai obat. Dengan sebegitu besarnya kegunaan dan manfaat telur ayam bagi kehidupan manusia, maka tidak ada salahnya jika anda bisa mengetahui kualitas telur yang baik untuk dikonsumsi. Dalam memilih telur ayam sebaiknya dipilih telur yang bersih secara alami, dapat dilihat dari:
  1. Bentuk telur normal/oval.
  2. Kulit kerabang cukup tebal dan tidak mudah retak serta tidak terdapat bintik-bintik.
  3. Ruang udara di dalam telur cukup kecil dapat dilihat dengan teropong kertas.
  4. Isi dalam telur tiak berbunyi jika digoncang. Selain melihat bentuk luar, cara candling juga dapat dilakukan untuk melihat bagian dalamnya dengan menggunakan lampu pijar, sehingga dapat dilihat isi telur di tengahnya, rungga udara kecil dan isi telur bersih tidak ada noda atau bercak hitam/merah.
Cara lain yang dapat digunakan dalam memilih telur yang baik, yaitu:
  1. Telur direndam dalam air, ini gunanya untuk mengetahui apakah telur masih baik atau tidak, jika telur masih baik maka akan tenggelam dan sebaliknya jika telur mengapung berarti telur tidak bagus.
  2. Telur dipecahkan sebagai sample untuk pemeriksaan seingga akan terlihat bila telur masih segar dan baik, kuning dan putih telur tebal akan berdiri membukit, sedangkan bagian putih telur yang tipis akan sedikit keluar (akan terlihat kental).

1 Komentar:

Hehehehehe.. lumayan, besok kalau mo beli telur nggak sampe ketipu lagi... hihihii...

Back To Top