18 March 2010

Hutaraja Tinggi akan menjadi sentra peternakan pada tahun 2014

Kecamatan Hutaraja Tinggi
Kecamatan Hutaraja Tinggi di kabupaten Padang Lawas bisa menjadi sentra produksi peternakan tahun 2014. Hal itu melihat upaya pengembangan peternakan sapi di daerah ini sebagai perwujudan partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah.
Hamonangan Daulay, camat Hutaraja Tinggi kepada Waspada, menyatakan partisipasi masyarakat petani ternak di Hutaraja Tinggi dengan pemanfaatan lahan tidur sekitar 600 hektar di Aliaga merupakan upaya yang ditunjukkan petani ternak dalam mendukung visi misi Pemkab Padang Lawas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, Hutaraja Tinggi merupakan daerah pertanian dan perkebunan yang memiliki penduduk sekitar 15.000 Kepala Keluarga (KK) dari 31 desa, di mana penduduknya 80 persen bergerak di bidang pertanian dan perkebunan juga peternakan.

“Usaha peternakan bagi masyarakat masih merupakan salah satu usaha sampingan dan tambahan, sehingga tidak heran jika untuk pengembangan petani sering terbentur dalam hal permodalan, selain bantuan tehnis dari pemerintah melalui instansi terkait,” terangnya, tadi malam.

Memang disadari kalau kemampuan masyarakat dalam hal pemeliharaan ternak yang dilakukan secara intensifikasi telah turun-temurun.

Sehingga pengetahuan dan pengalaman masyarakat bidang pemeliharaan ternak sudah memadai, hanya saja masih membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan tehnis tentang pencegahan penyakit.

Dan sistem pemeliharaan ternak yang dilakukan masih tradisional, dengan menggembalakan ternak di padang penggembalaan. Untuk itu masih sangat dibutuhkan bimbingan tehnis untuk pengembangan peternakan melalui tehnologi tepat guna.

Sehingga upaya yang dilakukan pengurus cabang NU Kabupaten Padang Lawas bersama ketua Pandu Tani Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan PT Pertamina melaui program kemitraan dan bina lingkungan untuk mendukung permodalan dalam usaha pengembangan peternakan sapi bagi kelompok tani ternak di desa Aliaga.

“Maka dengan bantuan modal dan bimbingan tehnis pemeliharaan juga penanggulangan penyakit, usaha peternak dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat akan segera terwujud,” katanya.

Namun dalam hal ini sangat diperlukan kerjasama dari semua pihak dan komponen masyarakat, agar program pemerintah dalam upaya menekan angka kemiskinan bisa tercapai.


Sumber: waspada.co.id

Back To Top