27 May 2010

Peternak Diimbau Vaksinasi Unggas

Untuk mencegah peningkatan kasus virus Avian Influenza (AI) atau flu burung yang banyak menjangkiti unggas pada musim pancaroba, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kab. Bandung mengimbau masyarakat, terutama para peternak untuk memberikan vaksinasi kepada unggas mereka.


Kepala Seksi Sarana Pelayanan Bidang Kesehatan Hewan Disnakan Kab. Bandung, Maria Dewi, Rabu (26/5) mengatakan, vaksinasi perlu dilakukan secara kontinu untuk meningkatkan ketahanan tubuh unggas dan mengurangi pencemaran lingkungan. “Semakin sering diberi vaksinasi, antibodi yang dimiliki unggas semakin kuat,” katanya pada Rapat Koordinasi Evaluasi Penanggulangan Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) di Kompleks Pemkab Bandung, Soreang.

Menurut Maria, vaksinasi unggas harus dilakukan terutama di daerah-daerah endemi flu burung seperti Ds Cibodas Kec. Pasirjambu, Ds. Jelegong Kec.Rancaekek, Ds. Jagabaya Kec. Cimaung, dan Ds. Margahurip Kec. Banjaran. Meski demikian, kata Maria, Disnakan telah menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi sepanjang tahun 2010 di enam belas kecamatan di Kab Bandung, di antaranya Kec. Banjaran, Cimaung, Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang, Cileunyi, dan Solokanjeruk.


Sumber: Pikiran Rakyat

Back To Top